Hidangan pembuka atau yang lebih dikena dengan sebutan appetizer ada dalam berbagai bentuk sajian. Masing-masing negara umumnya memiliki appetizer yang khas dan berbeda satu sama lain. Salah satunya adalah canape, yaitu makanan kecil (finger food), berpenampilan menarik, biasanya memiliki rasa asin atau gurih. Ada sumber yang menyebutkan bahwa canape merupakan appetizer panas, namun ada sumber lain yang menyatakan bahwa canape adalah appetizer dingin (bingung mode: on). Canape juga merupakan appetizer jenis hors d’ ouvre varie. Appetizer satu ini berasal dari Perancis dimana kata canape berarti sofa. Istilah canape digunakan di Perancis sejak akhir abad ke-18 untuk menyebut irisan roti tipis yang dipanggang atau digoreng dengan aneka topping yang berasa asin.

Bahan dasar

Bahan dasar canape adalah crakers tawar atau asin seperti rice crackers, soda crackers, atau crackers dengan taburan keju dan biji wijen, atau bisa juga menggunakan roti tawar (ada yang khusus untuk canape) yang dipotong bundar, segi empat, atau segitiga, atau bisa menggunakan roti Prancis yang diiris melintang tipis. Cara mengolahnya bisa dengan dipanggang sebentar agar lebih renyah dan gurih.

Bahan olesan/ pemulas

Bahan olesan yang bisa digunakan antara lain mayones, butter, margarine, cheese spread, cream cheese atau selai kacang dan selai buah. Fungsinya merekatkan isi dan menambah rasa serta nilai gizi yang tinggi. Olesan hendaknya bersiat lunak dan tidak mudah mencair.

Topping

Topping yaitu potongan makanan yang disusun diatas roti yang sudah dioles. Bahan makanan yang bisa digunakan sebagai topping canape antara lain: daging sapi asap, sosis atau ayam asap, salmon asap, ikan tuna, sayuran (wortel, tomat, timun atau daun selada), keju, potongan buah-buahan seperti anggur, melon, dan buah kalengan. Dengan pemilihan topping yang tepat dan penataan yang cantik, akan membuat canape semakin menarik dan membangkitkan selera makan.

Hendaknya dalam penyajian canape tidak terlalu lama dari waktu pembuatannya untuk menjaga kualitas rasa dan penampilannya.

Untuk contoh-contoh gambar canape silakan klik di sini

Kapan ya bisa mencoba?! ^_^

sumber: http://vibizlife.com/ dan lainnya.

About these ads