Perempuan sering menjadi obyek tindak kekerasan dan pelecehan seksual terutama saat ada dalam tempat yang padat misalnya kereta api. Untuk melindungi mereka dari tangan-tangan jahil penumpang pria, pemerintah India, baru-baru ini, mengoperasikan kereta khusus perempuan.

Keputusan pemerintah India disambut gembira para perempuan yang selama ini merasa kurang nyaman ketika bepergian menggunakan ular besi ini. “Ini kereta yang bagus, kami dapat bepergian dengan aman, sekaligus merasa nyaman. Kami menyukai kereta khusus perempuan ini,” kata warga bernama Maya Verma.

Sebelumnya Dinas Kereta Api India mengoperasikan satu gerbong khusus di setiap pemberangkatan. Namun kebijakan ini mendapat keluhan karena kereta tidak mampu menampung seluruh penumpang kaum hawa yang seringkali harus berdesak-desakan dengan para lelaku sehingga membuat tidak nyaman.

Untuk sementara kereta khusus ini hanya dapat dinikmati oleh perempuan yang berdomisili di New Delhi, Mumbai, Chennai, dan Kalkuta. Kereta atau gerbong khusus seperti ini bisa menjadi contoh bagi pelayanan dan peningkatan layanan bagi penumpang perempuan khususnya di kawasan Jabodetabek.(JUM)

Sumber: http://berita.liputan6.com/luarnegeri/201001/259964/India.Operasikan.Kereta.Khusus.Perempuan